Membangun Negeri Melalui Pendidikan

Ada banyak cara untuk membangun negeri yang kita cintai, salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan merupakan obat mujarab yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan pendidikan secara tidak langsung kita telah membangun negeri. Sebagai sebuah kebutuhan hidup setiap manusia di atas bumi, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan bangsa pada umumnya dan negeri pada khususnya.

Upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas harus dimulai dari sejak dini dan dalam prosesnya pendidikan dapat berasal dari pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan non formal.  Dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 kita  melihat ketiga bentuk pendidikan tersebut. Dikatakan bahwa pendidikan formal  adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sementara pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal  terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis. Sedangkan pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan. Kegiatan pendidikan informal dilakukan oleh keluarga dan lingkungan dalam bentuk kegiatan belajar secara mandiri.

Negeri kita sementara berkembang dan akan semakin terus berkembang memerlukan ketiga bentuk pendidikan tersebut karena dengan pendidikan formal penduduk usia sekolah dapat mengeyam pendidikan secara berjenjang, sementara pelaksanaan pendidikan informal dapat mengurangi tingkat buta huruf dan menyediakan pelatihan/kursus untuk meningkatkan dan menambah keterampilan masyarakat, pengetahuan berwirausaha  yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapat masyarakat. Sedangkan pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri, dengan kata lain pendidikan yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan, pendidikan yang lebih mengarah kepada pembentukan kepribadian dan karakter. Ketiga bentuk pendidikan perlu sinergis dan disinergiskan sehingga akan saling mendukung dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia baik dari segi pengetahuan dan keterampilan juga dari segi kepribadian.

Negeri kita akan maju, makmur, sejahtera dan aman jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas hanya melalui satu cara yaitu dengan pendidikan. Pendidikan dan pembangunan merupakan suatu proses yang saling mengisi. Proses pendidikan menempatkan manusia sebagai “starting point”, karena pendidikan mempunyai tugas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk pembangunan. Pendidik memegang peranan penting karena merekalah yang menciptakan manusia pencipta pembangunan. Selanjutnya hasil pendidikan akan menunjang pembangunan, dapat dilihat hubungannya dengan peningkatan kondisi sosial ekonomi manusia yang mengalami pendidikan.

Choose your Reaction!
Leave a Comment

Your email address will not be published.