Google Dukung Startup RI di Tengah Wabah Covid-19

Google Dukung Startup RI di Tengah Wabah Covid-19

JAKARTA, investor.id  – Google, perusahaan raksasa teknologi, mendukung ekosistem startup di Indonesia untuk terus berkembang di era pandemi Covid-19. Ini antara lain melalui program Google for Startups Accelerator: Southeast Asia. Melalui program Google for Startups Accelerator: Southeast Asia, Google Indonesia mengumumkan tiga startup Indonesia yang menjadi pemenang di ajang tersebut, yaitu Hactiv8, Kata.ai, dan Riliv. Setelah mendapat bimbingan online dan dukungan khusus selama tiga bulan, ketiganya bersama 12 peserta lain akhirnya resmi lulus dari program tersebut. “Ekosistem startup Indonesia mempunyai energi dan kreativitas yang berlimpah. Meskipun pandemi Covid-19 membawa banyak tantangan, kita bisa melihat para pendiri startup telah bertindak untuk mengatasinya dengan ketangkasan, inovasi teknologi, dan ketangguhan,” kata Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, melalui virtual conference, Kamis (12/11).

Menurut Randy, pandemi Covid- 19 membuat kita harus bergerak lebih cepat dalam mengatasi masalah ketimpangan dan masalah lain yang sulit dipecahkan. Startup sering kali dapat memberikan pemikiran baru di sini. “Kami membuat sejumlah program untuk membantu mereka terhubung dengan orang-orang yang tepat, dan mempelajari praktik-praktik terbaik untuk tetap berkembang dan sukses,” ujar Randy. Randy menambahkan, Accelerator memberikan akses ke dukungan terbaik Google terkait SDM, jaringan, dan teknologi canggih, untuk membantu startup menciptakan produk yang hebat.

Mentor Global
Para peserta itu menerima bimbingan dan dukungan khusus dari jaringan mentor global, serta akses ke pakar AI/ML, Cloud, Android, dan web dari Google. Selain bimbingan dan dukungan untuk proyek teknis, Accelerator memberikan pembahasan mendalam dan lokakarya yang berfokus pada desain produk, strategi bisnis, cara memperoleh pelanggan, dan pengembangan kepemimpinan bagi pendiri startup. “Kami mengucapkan selamat kepada 15 startup Asia Tenggara ini, termasuk Kata.ai, Hacktiv8, dan Riliv dari Indonesia, atas kelulusan mereka. Mereka bekerja keras untuk memecahkan beberapa tantangan yang sangat penting di Indonesia dan di kawasan ini. Google, melalui program Accelerator, senang sekali bisa mendukung mereka semua,” ujar Randy.
Sementara itu, CEO & Co-founder Kata.ai Irzan Raditya mengungkapkan, program Google for Startup Accelerator ini membantu pihaknya untuk membuka jalan pikir, mengetahui best practice, dan strategi/teknik tertentu di bidang yang ingin dipelajari lebih dalam. “Kami bukan hanya belajar hal-hal praktikal dari para expert dan talenta-talenta terbaik di bidangnya, namun kami juga dibantu jika memiliki pertanyaan, kesulitan, atau ketika kami ingin dibukakan network ke salah satu individu tertentu. Ini sangat bermanfaat bagi saya dan co-founder lainnya,” ujar Irzan. Irzan menambahkan, pada Google for Startups Accelerator, dia mendapatkan ilmu baru seperti best practise di machine learning, artificial intelligent (AI), product management, UI/UX, termasuk business to business (B2B) sales, dan partnership.

Dia juga senang karena startup yang mengikuti program ini sangat terbuka, memiliki passion yang sama, dan saling mendukung. “Belajar bisa dari mana saja. Program ini sangat menarik dan bermanfaat. Bagi para startup bisa belajar langsung dari talenta-talenta terbaik di Google dan jaringannya, sangatlah membantu untuk membuka jalan pikir, mengetahui best practice, dan strategi atau teknik tertentu di bidang terkait yang ingin dipelajari lebih dalam,” tutur Irzan.

Sementara itu, CEO Hacktiv8 Ronald Ishak menuturkan, melalui program tersebut mendapat banyak pelajaran berharga dari para mentor hebat yang dihadirkan. Dari mereka, dia mempelajari berbagai sudut pandang bisnis, termasuk cara untuk mengelola bisnis pada berbagai skala, cara mempersiapkan dana untuk mengembangkan startup menjadi sebuah bisnis yang besar, dan bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengambil keputusan. “Ada banyak sekali program akselerator di Indonesia, tetapi hanya Google yang memiliki daya tarik yang kuat, karena menghadirkan mentor dan pembimbing terbaik dunia. Menurut saya, penting bagi para startup mengikuti acara seperti ini, karena bisa membantu mereka menemukan strategi baru dan membangun relasi bisnis yang semakin luas,” tutur Ronald.

Choose your Reaction!
Leave a Comment

Your email address will not be published.